Motif Sisiwa Melakukan Bullying Dalam Liangkungan Sekolah SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat

Nini, Delvika (2017) Motif Sisiwa Melakukan Bullying Dalam Liangkungan Sekolah SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstra)
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070074 NINI DELVIKA ok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah kenakalan remaja yang terjadi dalam lingkungan sekolah yaitu: siswa melakukan kebiasaan yang berawal dari sebuah komedi dan mengolok-olok temanya dalam kejadian anak ditindas dengan kata-kata, dihina mengenai ciri-ciri fisik, atau kecakapan mentalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motif siswa melakukan bullying dalam lingkungan Sekolah SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo. Teori yang digunakan adalah teori interaksionalisme simbolik oleh George Hebert Mead. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan pada penelitian ini 22 orang yaitu 11 pelaku yang melakukan bullying 5 siswa yang menjadi korban bullying, 6 orang guru, dan 11 orang siswa sebagai saksi yang berada dalam lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik proposivesampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Unit analisis individu. Analisis data digunakan dengan analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Milles Heberman yang mencakup dalam beberapa tahapan, yaitu (1) pengumpulan data (2) reduksi data (data reduction) (3) penyajian data (data display) (4) menarik kesimpulan/verificotion. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis-jenis terjadinya bullying yang sering dilakukan siswa seperti (1) memberi panggilan (2) menyebarkan gosip (3) pelampiasan (4) mejatuhkan korban dengan kelemahanya (5) mengucilkan teman. Selain itu yang menjadi motif siswa yang melakukan tindakan bullying tersebut ada 3 yaitu (1) mencari perhatian orang lain (2) terpengaruh dari teman kelompok atau teman sebaya (3) pengaruh media massa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:24
Last Modified: 07 Aug 2018 06:24
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1141

Actions (login required)

View Item View Item