Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar di Jorong Laras Minang Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya

Novia, Prasetyaningsih (2017) Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Pendidikan Dasar di Jorong Laras Minang Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
13070052 NOVIA PRASETYANINGSIH OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dimana sosialisasi orang tua terhadap anaknya tidak berjalan dengan baik karena terlihat anak-anak ini kalau disuruh berangkat mengaji mereka ada yang tidak pergi mengaji, mereka malah asyik dengan gadget yang mereka miliki. Intensitas penggunaan gadgetnya sudah mengkhawatirkan atau sudah di luar batas kewajaran yang dianjurkan. Adapun rumusan penelitiannya yaitu bagaimana penggunaan gadget pada anak usia pendidikan dasar di Jorong Laras Minang Nagari Kurnia Selatan Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gadget pada anak usia pendidikan dasar tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu struktural fungsional menutur Robert K. Merton tentang fungsi manifes dan fungsi laten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian ini berjumlah 16 orang dimana 11 anak usia pendidikan dasar dan 5 orang tua anak tersebut. pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dengan model analisi data interaktif Miles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menemukan bahwa intensitas penggunaan gadget telah di luar batas penggunaan bagi anak-anak usia pendidikan dasar yaitu kira-kira 3 sampai 6 jam perhari. Mereka menggunakan gadgetnya setelah pulang sekolah dan setelah belajar pada malam hari. Anak-anak ini menggunakan gadgetnya lebih banyak untuk bermain game online atau game offline, untuk browsing, membuka internet dan berbagai media sosial yang ada. Dan bentuk-bentuk penggunaan gadgetnya yaitu 1) Untuk berkomunikasi. 2) Untuk mencari informasi dan mencari tugas sekolah. 3)Untuk alat hiburan. 4) Untuk mengambil gambar atau berfoto/selfi. 5) Untuk berbisnis. 6) Untuk membuka internet dan sosial media. 7) Untuk melihat situs dewasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Siska Maiyuni
Date Deposited: 07 Aug 2018 05:20
Last Modified: 07 Aug 2018 05:20
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item View Item