Silek Tuo Aluang Bunian Dikenagarian Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti dari lokal Hingga Internasional (2005-2015)

Oki Reza, Pahlevi (2018) Silek Tuo Aluang Bunian Dikenagarian Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti dari lokal Hingga Internasional (2005-2015). Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img] Text (Skripsi Lengkap)
13020003 OKI REZA PAHLEFI ok Flip.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini mengkaji tentang Perkembangan Silek Tuo Aluang Bunian dikenagarian Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti dari lokal Hingga Internasional (2005-2015). Untuk memudahkan penelitian ini maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana perkembangan silek di Kecamatan Hiliran Gumanti. (2) Bagaimana latar belakang berdirinya Silek Tuo Aluang Bunian(3) Bagaimana perkembangan Silek Tuo Aluang Bunian dari tahun 2005-2015.Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan perkembangan silek di Kecamatan Hiliran Gumanti. (2) Untuk mendeskripsikan latar belakang berdirinya Silek Tuo Aluang bunian. (3) Untuk mendeskripsikan perkembangan Silek Tuo Aluang Bunian dari tahun 2005-2015 Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. metode tersebut terdiri dari empat tahap berikut ini yaitu: (1) Heuristik adalah pengumpulan data, mencari dan menyimpulkan sumber yaitu dengan cara melakukan studi pustaka dan wawancara. Tahap (2) Melakukan Kritik Sumber, sehingga diperoleh fakta sejarah. Tahap (3) Interpretasi yaitu data yang diperoleh kemudian dianalisa dan diinterpretasikan dengan cara menghubungkan dan membandingkan fakta-fakta yang diteliti sehingga terdapat fakta yang siap disajikan. Tahap (4) Historiografi yaitu penulisan dalam bentuk karya ilmiah setelah didapati data dan fakta yang betul-betul akurat dan valid barulah ditulis dalam bentuk skripsi. Hasil penelitian ini menyimpulkan Kecamatan Hiliran Gumanti merupakan sebuah Kecamatan yang berada dikawasan Kabupaten Solok dan mempunyai tiga buah Nagari yaitu : Talang Babungo, Sariak Alahan Tigo dan Sungai Abu, Di Kacamatan Hiliran Guamanti berkembang beberapa buah Perguruan Silek yaitu Perguruan Silek Kilangan Endek di Nagari Sariak Alahan Tigo, Perguruan Silek Putiah Tujuah di Nagari Sungai Abu dan Perguruan Silek Tuo Aluang Bunian di Nagari Talang Babungo yang didasari untuk menjaga kebudayaan agar dicintai oleh kaum muda. Khususnya perguruan Silek Tuo Aluang Bunian didirikan pada tahun 2005 oleh Jufrizal selaku guru tuo bersama dengan rekanya yaitu Nasrul Rajo Nan Sakin dan Zulklifi Sampono Alam. Perkembangan Silek Tuo Aluang Bunian yang merambah kedunia Internasional dengan dilaksanakannya Minangkabau Silek Camp dan mengudang beberapa Perguruan Silek yang ada di Sumatera Barat. Tujuan dari Perguruan Silek Tuo Aluang Bunian mengadakan Minangkabau Silek Camp agar dunia Inrternasional mengenal Silek Minangkabau salah satu kekayaan Budaya dan Tradisi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Program Studi > Pendidikan Sejarah
Depositing User: syufiarni syufiarni
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:48
Last Modified: 04 Jul 2018 04:48
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item