Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan

Rosa, Indrawati (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Dua Tinggal Dua Tamu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Lengkap)
11050127 ROSA INDRAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu lebih tinggi daripada hasil belajar matematika yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Airpura yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII2 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII1. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk esai. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen pada taraf nyata 0,05 . Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 1,70 artinya lebih besar dari ttabel = 1,68 maka tolak H0 dan terima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Studi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Akmal Akmal
Date Deposited: 04 Jul 2018 08:20
Last Modified: 04 Jul 2018 08:20
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item