Pengaruh Penerapan Pembelajaran Scaffolding terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 33 Padang

Masgemelia, Sifmi Alkher (2018) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Scaffolding terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 33 Padang. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi Lengkap)
11050103 Masgemelia Sifmi.A.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran . Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menerapkan Pembelajaran Scaffolding lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 33 Padang Tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, dengan kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berbentuk esai yang reliabel dengan . Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t’. Berdasarkan analisis data diketahui rata-rata kuis siswa, untuk pertemuan pertama 81,77, pertemuan kedua 86,71 dan pertemuan ketiga 77,47. Kedua kelas sampel berdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil analisis data diperoleh lebih besar dari. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu hasil belajar matematika siswa yang mengikuti Pembelajaran Scaffolding lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Studi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Akmal Akmal
Date Deposited: 04 Jul 2018 04:25
Last Modified: 04 Jul 2018 04:25
URI: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item View Item